Sejarah Sosial Universitas Al-Azhar: Gagasan Tentang Konstruksi Lembaga Pendidikan Islam

Jainal Abidin Siregar

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan  untuk menggambarkan tentang gagasan dan pejalanan sejarah social Universitas Al-Azhar. Yang mana tidak luput dari pengaruh social yang terkait pada masa itu beserta perubahan-perubahan yang terdapat dalam tubuh Al-Azhar itu sendiri. Metode yang dipakai dalam memaparkan artikel ini adalah metode deskripstif-eksplanatori yang dapat   disimpulkan dalam beberapa hal yaitu latar belakang social kota Mesir kemudian berdirinya dinasti Fatimiyyah yang beridiologikan Syiah kemudian berdirinya dinasti Ayyubiyah yang befahamkan Sunni. Selain itu muncul pula Napoleon Bonaparte yang mengalahkan kerajaan Turky Usmani di Kairo dalam waktu yang singkat selanjutnya ditutup dengan menyajikan tentang tokoh-tokoh pembaharu dari Al-Azhar yang menginginkan kemodernan. Adapun yang melatar belakangi adanya perubahan dalam Al-Azhar adalah bergantinya idiologi rasional Syiah dengan pemahaman ostodok Sunni kemudian saat itu bersentuhan dengan kebudayaan prancis yang diusung oleh Napoleon.

References


Al-Maqrizi. Al-Mawa’iz Wal I’tibar Fi Zikril Khitat Wal Atsar. London: Muassah Al-Furqan li At-Turats Al-Islami, n.d.

Al-Suyuthi, Imam. Husnul Muhadharah fi Tarikh Misr al-Qahirah. Diedit oleh Muhammad Abu Al-Fadhl Ibrahim. Kairo: Maktabah Babi Al-Halabi, 1967.

Amaliyah, Asriati. “EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI MESIR MASA DAULAH FATIMIYAH Lahirnya Al-Azhar, Tokoh-tokoh Pendidikan pada Masa Daulah Fatimiyah dan Pengaruhnya terhadap Dunia Islam.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 16, no. 1 (2013): 101–11.

Fauzi, Muhammad. “TOKOH-TOKOH PEMBAHARU PENDIDIKAN ISLAM DI MESIR.” JURNAL TARBIYAH 24, no. 2 (2017).

Hanafi, Imam. “DINAMIKA KEBIJAKAN PENDIDIKAN di MESIR; Telaah Atas Perjalanan Pendidikan Pasca Ekspansi Napoleon Bonaparte.” Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 6, no. 2 (2018): 118–33.

Harahap, Radinal Mukhtar. “MUHAMMAD ALI PASHA: INOVASI PENDIDIKAN ISLAM.” Idrak: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2018).

———. “Pendidikan dan Peradaban dalam Narasi Sejarah Islam Klasik: Korelasi dan Koneksi.” Idrak: Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2019).

Hawi, Akmal. “Pemikiran Jamaluddin Al-Afghani (Jamal Ad-Din Al-Afghani)(1838–1897 M).” Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. MEDINA-TE 16, no. 1 (2017).

Ihsan, Muhammad. “Pendidikan Islam dan Modernitas di Timur Tengah: Studi Kasus Mesir.” Hunafa: Jurnal Studia Islamika 4, no. 2 (2007): 129–42.

Khaeroni, Cahaya. “Gagasan Pembaharuan Pendidikan Islam Muhammad Abduh (1849-1905).” At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 1, no. 01 (2017).

Khafaji, Muẖammad‘Abd al-Mun‘im. Al-Azhar fi Alfi ‘Âm, Jilid 1. Kairo: Maktabah al-Kulliyyât al-Azhariyah, 1988.

Muhammad, Muhammad. “SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM PADA MASSA DINASTI FATIMIYAH DI MESIR (909-1171 M).” KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam 18, no. 1 (2020): 46–55.

Rasyidin, Rasyidin. “PONDOK PESANTREN: SIMBOL KORELASI DAN KONEKSI PENDIDIKAN DAN PERADABAN DALAM NARASI SEJARAH ISLAM DI INDONESIA.” Bahsun Ilmi 1, no. 1 (2020): 1–14.

Sukino, Arief. “Dinamika Pendidikan Islam Di Mesir Dan Implikasinya Terhadap Transformasi Keilmuan Ulama Nusantara.” Studia Didaktika 10, no. 01 (2016): 28–39.

Tambak, Syahraini. “Eksistensi Pendidikan Islam Al-Azhar: Sejarah Sosial Kelembagaan al-Azhar dan Pengaruhnya terhadap Kemajuan Pendidikan Islam Era Modernisasi di Mesir.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1, no. 2 (2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed in