Pembelajaran Tahfizh di Home Schooling Group (HSG) Sekolah Dasar Khoiru Ummah 20 Malang

Anggreni Anggreni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan dan menganalisis metode pembelajaran Tahfizh di HSG SD Khoiru Ummah 20 Malang serta metode yang digunakan guru tahfizh dalam meningkatkan motivasi menghafal Alquran siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa temuan hal yang meningkatkan motivasi menghafal Alquran siswa yaitu; (1) Metode pembelajaran Tahfizh yang diterapkan di HSG SD Khoiru Ummah 20 Malang dilakukan dengan metode murâja’ah, metode talaqqi (setor hafalan) dan metode ‘iqâb (hukuman), sedangkan metode tahfizh yang digunakan siswa di rumah adalah metode wahdah dan metode simâ’i; (2) Metode guru tahfizh dalam meningkatkan motivasi menghafal Alquran siswa adalah dengan dua metode yaitu metode umum dan metode khusus. Yang termasuk umum yaitu apersepsi berupa tausiyah/nasihat dan video motivasi; metode yang dipakai; serta reward dan punishment. Adapun yang termasuk khusus yang digunakan untuk meningkatkan motivasi menghafal Alquran siswa yaitu dengan adanya mini-parenting; Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ); dan Penjamin Mutu Tahfizhul Qur’an. Berdasarkan keseluruhan analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Tahfizhul Qur’an yang diterapkan di Home Schooling Group (HSG) Sekolah Dasar Khoiru Ummah 20 Malang dapat meningkatkan motivasi menghafal Alquran siswa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed in